Rabu, 27 Juli 2016

Materi Fisika

BAB I.
# ARUS SEARAH ( DC ) #

=> PENDAHULUAN
Listrik dinamis merupakan muatan listrik yang bergerak atau mengalir. di dalam suatu kawat konduktor terdapat banyak sekali elektron bebas.

    a) Arus Listrik.
        Arus listrik adalah jumlah muatan yang mengalir melalui penampang penghantar dalam tiap satuan waktu.

* Rumus Alur Listrik.
     





   Jika terdapat n elektron yang mengalir, maka total muatan Q adalah.
       Arus I ini akan sama di sepanjang penghatar walaupun luas penampang pengantar pada satu titik mengalami perubahan. rapat arus dapat kita didefinisikan sebagai besar arus yang mengalir dalam tiap satuan luas penampang adalah A, maka rapat Arus dapat kita tulis.





 * Hambatan dan Hambat Jenis.
       1. Hambatan.
        Setiap konduktor atau penghantar memiliki kemapuan untuk menghambat Arus yang melewatinya. Hambatan pada suatau penghantar ini V pada kedua ujung penghantar terhadap besar kuat arus I yang melwati penghantar. Jika hambatan disimpulkan dengan R ( dari kata resistonce ), Maka.





        Dengan hambatan R dinyatakan dalam satuan ( Ohm ), Beda potensial V dinyatakan dalam volt, dan arus I dinyatakn dalam satu ampere (A)

      2. Resistivitas Bahan.
 
* Perinsip Kerja Hambatan *

          Sesuatu yang berhubungan dengan hambatan dan merupakan karakteristik bahan merupakan resistivitas bahan resistivitas bahan ini dapat didefinisikan sebagai perbandingan antara medan listrik E terdapat rapat arus nyatakan dalam satuan ( Ohm meter ).





            Rapat arus J dalam kasus hambatan ini adalah arus yang mengalir persatuan luas, atau kita tuliskan.

         Dengan besar medan listrik yang terjadi di dalam bahan setelah diberi beda potensial pada kedua ujung penghantar adalah.





         Dengan V adalah besarnya beda potensial yang bekerja pada ujung-ujung hambatan dan L adalah panjang konduktor.
           Dengan besar rapat arus







*-* TUGAS *-*
    
  1. Powerbank diberi arus listrik 5 ampere selama 1 jam berapakah jumlah mutan listrik dan banyaknya elektron dalam powerbank ?

0 komentar:

Posting Komentar

My Biografi

Popular Posts

Followers