Kamis, 04 Agustus 2016

MATERI PENDAIS


*-* IDGHAM BIGUNNAH, IDGHAM BILAGUNNAH, IKHFA, IQLAP, IDHAR.

       Bacaan tajwid Idham ada 2 yaitu idgham bigunnah dan idgham bilagunnah
Pengertian idgham :
Idgham secara bahasa berarti meleburkan atau memasukan, dalam hukum nun mati, idham berarti meleburkan nun mati/tanwin,jadi cara membaca Idgham Bighunnah adalah menggabungkan bunyi nun sukun atau tanwin ke huruf Idgham dengan didengungkan selama satu alif.
Huruf idgham ada 6 yakni :  Ya', Ra', Mim, Lam, Waw and Nun,




Pembahasan Pertama :  Idgham Bigunnah


Ghunah berarti dengung, Idgham bighunnah adalah meleburkan nun mati atau tanwin di sertai dengan dengung, Terjadi jika nun mati/tanwin bertemu dengan huruf idgham bigunnah yakni :
ي   ن   م    و

Contoh Idgham Bighunnah:

Pembahasan Kedua:  Idgham Bilagunnah

Idgham Bilaghunnah yaitu memasukan/meleburkan nun mati dan tanwin (idgham) tanpa di sertai dengan dengung. Terjadi jika nun mati/tanwin bertemu dengan huruf idgham bilagunnah yakni :


Contoh Idgham Bilaghunnah:



Pengecualian :


Jika nun mati dan tanwin bertemu dengan huruf idgham dalam satu kata, maka hal ini di baca jelas.Hanya ada 4 kata di dalam Al-Quran yang mengandung aturan tersebut, yaitu kata "Ad Dunya" , " Bunyan " , " Sinwan " dan "Qinwan" 
Contohnya :



Pembahasan Kedua: IKHFA


Ikhfa artinya menyamarkan/menyembunyikan bunyi nun mati atau tanwin. Maksudnya bunyi nun mati/ tanwin dibaca samar-samar antara jelas dan dengung, serta cara membacanya ditahan sejenak. Hukum bacaan disebut ikhfa apabila nun mati/tanwin bertemu dengan salah satu huruf ikhfa yang jumlahnya ada 15 yaitu:
ت ـ ث ـ ج ـ د ـ ذ ـ ز – س ـ ش ـ ص ـ ض ـ ط ـ ظ ـ ف ـ ق ـ ك
Contoh bacaan ikhfa:

Pembahasan Kedua: IQLAP

Iqlab artinya membalik atau mengganti. Apabila nun mati/tanwin bertemu dengan huruf ب, maka hukum bacaannya disebut iqlab. Cara membacanya adalah bunyi nun mati/ tanwin berubah menjadi bunyi mim ( مْ) Huruf iqlab hanya satu yaitu huruf  ب
 Contoh bacaan iqlab:



Pembahasan Kedua: IZHAR

IZHAR artinya jelas atau terang. Apabila ada nun mati/tanwin (/ نْ ً ٍ ٌ ) bertemu dengan salah satu huruf halqi hukum bacaannya disebut idhar.
Huruf-huruf halqi itu ada enam yaitu: ا ح خ ع غ ھ
 Contoh bacaan idhar:
 


0 komentar:

Posting Komentar

My Biografi

Popular Posts

Followers